Friday, September 2, 2016

5 Sutradara Asia Setara Hollywood...!



Sebelum saya mulai, saya jelaskan dulu kalo list sutradara yang akan saya masukin di bawah adalah mereka yang mayoritas filmnya diproduksi di Asia, ingat 'Asia' tuh biar diperjelas. Dan bukan nama yang sudah mapan di Hollywoood, contoh: Ang Lee, James Wan,
Justin Lin, John Woo. Dan semua daftar sutradara di bawah adalah opini pribadi saja, jadi boleh dibantu kalo agan sista punya saran sutradara lainnya yang emang ga kalah keren dari sutradara Hollywood, pastinya....
Ok ga basa basi lagi, langsung sajaaa gan!


1. Akira Kurosawa (Jepang)








Masterpiece: Rashomon, Yojimbo, Seven Samurai


Akira Kurosawa adalah sutradara pertama dari Asia yang popularitas dan kemampuannya mampu menembus Hollywood. Seluruh film Akira Kurosawa diproduksi di Jepang, tapi beberapa filmnya diakui sebagai salah satu film terbaik yang pernah dibuat dan bahkan ada yang di-remake oleh Hollywood. 
Sampai saat ini banyak sutradara yang terinspirasi dari Akira kurosawa. 

Lewat film-film yang yang bertemakan Samurai dan jaman kekaisaran jepang, banyak yang menganggap Akira Kurosawa sebagai salah satu sutradara terhebat yang pernah ada. Salah satu bukti pengakuan kehebatannya ketika Akira Kurosawa mendapat penghargaan Lifetime Achievement dari Academy Awards pada 1990 dan Asian of the Century dalam kategori 'Arts, Literature, and Culture' oleh CNN dan majalah AsianWeek pada 1999.



2. Satyajit Ray (India)




Masterpiece: Apu Trilogy (Pather Panchali, Aparajito, Apur Sansar)


Sebelum era Amitabh Bachchan dan Shahrukh Khan, ada satu nama yang berhasil mengangkat perfilman India ke level internasional. Dia adalah Satyajit Ray yang terkenal lewat Apu Trilogy dimana film pertama dalam trilogi, Pather Panchali, berhasil mendapatkan 11 penghargaan dalam berbagai festival film dunia. 

Banyak sutradara yang terinspirasi oleh Satyajit Ray, termasuk Wes Andeson yang mengakuinya ketika sedang produksi The Darjeeling Limited. Satyajit Ray selalu masuk dalam daftar sutradara terbaik yang disusun oleh berbagai media film dunia dan telah mendapatkan Academy Honorary Award dari Academy Awards pada 1992.



3. Hayao Miyazaki (Jepang)




Masterpiece: My Neighbor Totoro, Princess Mononoke, Spirited Away



Jika Amerika Serikat punya Walt Disney dan Disney Studio, maka Jepang boleh membanggakan Hayao Miyazaki dengan Studi Ghibli-nya. Hayao Miyazaki terkenal karena kemampuannya membuat dunia fantasi dengan cerita yang indah dan menarik dan kini dianggap sebagai salah satu sutradara animasi (anime) terhebat yang pernah ada, mungkin saingannya hanya Walt Disney saja.

Bukti kehebatannya adalah ketika film Spirited Away berhasil memenangkan Oscar untuk kategori Best Animated Feature pada 2003 yang berhasil mengalahkan film-film produksi Hollywood, seperti Ice Age dan Lilo & Stitch, dan juga menjadi film anime pertama (dan masih satu-satunya hingga sekarang) yang berhasil memenangkan Oscar. Selain itu, Academy Awards juga memberikan Academy Honorary Awards untuk Hayao Miyazaki pada 2014 dan menjadikannya orang Jepang kedua setelah Akira Kurosawa yang mendapatkan kehormatan tersebut.



4. Zhang Yimou (Tiongkok)





 Masterpiece: Raise the Red Lantern, Hero, House of Flying Dagger



Zhang Yimou adalah sutradara kawakan asal Tiongkok yang sudah banyak dianggap sebagai salah satu sutradara terbaik asal Asia.

Zhang Yimou telah memenangkan banyak penghargaan dalam berbagai festival film berskala internasional, seperti Venice Film Festival dan Cannes Film Festival dan telah mendapatkan 3 nominasi Oscar untuk kategori Best Foreign Language Film walaupun belum pernah sekali pun menang.

Pengakuan dunia internasional juga terlihat dari penunjukan Zhang Yimou yang telah beberapa kali menjadi juri dalam berbagai festival film dunia.



5. Takashi Miike (Jepang)




Masterpiece: Audition, Ichi the Killer, Crows Zero

Takashi Miike adalah sutradara kontroversial asal Jepang karena sering kali filmnya mengandung kekerasan yang sangat ekstrim. Terlepas dari sisi kontroversialnya, Takashi Miike adalah sutradara berbakat terutama dalam genre horor, thriller dan action.

Walaupun Takashi Miike tidak mendapatkan penghargaan dan nominasi sesering sutradara lain yang berada di daftar ini, tapi beberapa karyanya dianggap sebagai cult film karena alasan di atas.
Dan jangan lupa film terakhirnya, Yakuza Apocalypse, yang dirilis tahun lalu dibintangi oleh aktor favorit masyarakat Indonesia, Yayan 'Mad Dog' Ruhiyan.

Yappp itulah 5 Sutradara Asia menurut saya yang kemampuannya boleh diadu dengan sutradara hollywood.
Tinggalkan komentar sobat di bawah yaaaaa
 

No comments:

Post a Comment