Saturday, October 15, 2016

Hidup Sederhana Ala CEO Facebook, Mark Zuckerberg

                                source : http://i.dailymail.co.uk

Siapa yang tidak kenal dengan CEO dari suatu perusahaan media social terkenal
Facebook, Inc. ? Ya, dialah Mark Zuckerberg.
Sejak kemunculannya hingga sekarang ini, Facebook masih banyak diminati di hampir seluruh dunia.

Melihat kesuksesan Mark, Anda akan berpikir bahwa gaya hidup yang dijalani dia adalah ekstra mewah. Dia bisa membeli rumah termahal di dunia, juga bisa membeli beberapa mobil sport. Bahkan, keliling dunia pun rasanya dia juga bisa melakukannya.

Namun, rupanya ada pelajaran yang bisa kita ambil dari pendiri situs Facebook ini. Dia selalu tampil sederhana. Tidak terlihat kesan mewah dalam kesehariannya.

Ternyata, Mark Zuckerberg menerapkan pola hidup yang hemat, sekalipun harta yang dimilikinya berlimpah. Mark juga pandai mengatur keuangannya dan selalu membeli apa yang dia butuhkan saja.

Apa saja cara hemat ala Mark Zuckerberg?

Berikut tipsnya;

1. Memakai baju yang nyaman

    source : 
sheleadsafrica.org

Dalam beberapa kesempatan, saat Mark menjadi pembicara di acara khusus, tampilan dia ini terlihat sangat santai. Ia selalu memakai baju yang bisa dibilang hampir sama di setiap menghadiri acara.

Jika Mark mau, sebenarnya dia bisa memakai pakaian termahal sekalipun. Terlebih lagi, dia telah dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia pada usia 30-an tahun.

Namun, Mark lebih mengutamakan kenyamanan dibandingkan kemewahan. Oleh karena itu, penampilan santainya ini sudah menjadi favoritnya. Anda juga bisa meniru kebiasaan Mark tersebut. Selain bisa hemat, Anda juga bisa lebih maksimal dalam menabung.

2. Tinggal di rumah yang sederhana

    source : rumahmin.com

Setelah melihat penampilan Mark yang sederhana dan tetap elegan, beralih ke urusan rumah tempat tinggalnya. Anda yang belum mengetahuinya, pasti juga akan berpikir bahwa rumah Mark sudah pasti bagaikan istana. Namun, kenyataannya, Mark tidak seperti yang kita kira.

Tempat tinggalnya malah terkesan sederhana, bahkan masih disewa olehnya. Mark pernah mengatakan bahwa "Anda harus menjaga pikiran terfokus pada yang mencintai apa yang dilakukan daripada mencintai apa yang dimiliki".

3. Mengendarai kendaraan sederhana
    source : probohindarto.files.wordpress.com

Selain gaya berpakaian yang sederhana, Mark juga menerapkannya pada kendaraan yang digunakan. Ia tetap setia dengan mobil tuanya karena pertimbangan masih aman dan nyaman.

Baik pakaian mapun kendaraan, dia tetap berprinsip soal kenyamanan, bukan kemewahan.
Membeli kendaraan mewah, Anda juga harus siap dengan anggaran untuk perawatannya.

Merawat mobil mewah tentunya memerlukan budget yang juga cukup tinggi. Sebaiknya, Anda mencatat hal tersebut agar bisa lebih bijak seperti Mark Zuckerberg.

4. Tidak membuang uang untuk hal yang tidak penting

    http://1.bp.blogspot.com
Mark juga cukup hemat mengelola keuangannya, termasuk dalam hal pengeluaran uangnya. Menurut dia, hidup hemat bukan berarti harus serba kurang, tetapi bagaimana ia mewujudkan apa yang diinginkan.

Seperti saat menggelar pernikahannya di halaman rumah belakangnya, walaupun sederhana, dia berhasil mewujudkannya.

Setelah menikah, Mark dan istrinya, Priscilla Chan, pergi berbulan madu ke tempat-tempat yang umum didatangi oleh orang-orang.

Makan bersama di McDonald Italia adalah salah satu hal yang mereka lakukan saat bulan madu. Mark dan istrinya bisa saja pergi berbulan madu ke sebuah pulau khusus yang sudah ia sewa dengan uang milikinya, tetapi prinsip hemat tidak seperti itu.




Jika seorang miliarder Facebook saja, yang begitu populer dan juga hidup bergelimang harta, bisa menjalankan hidup hemat, mengapa kita tidak mencobanya?

Memiliki barang mewahn sebenarnya tidak masalah, selama itu masih dalam taraf kemampuan kita. Tetapi, selagi Anda masih bisa untuk hidup sederhana kenapa tidak?



Pergunakanlah harta dengan bijak, gunakan sesuatu yang halal dan juga baik untuk Anda kenakan! :)

No comments:

Post a Comment